SISTEM INFORMASI PENYEWAAN DAN PEMBELIAN DEKORASI PADA SUNIA DECORATION BERBASIS WEBSITE
Dibuat oleh: Kelompok4 Jurusan SistemInformasi
Untuk
mata kuliah:
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
SRS disusun oleh:
Afilla Putri Sunia (10118268)
Adelia Oktaviani (10118126)
Fathan Fauzi
(17118679)
Hamidah Nafa Lathifah (13118021)
Raka Dimaswara (15118862)
Reza RidhoAnshari
(16118063)
25Oktober 2021
Untuk client:
SUNIA
DECORATIONS
Jl. Pengarengan
Rt 01 Rw 08 No.150
Kel.JatinegaraKec.Cakung
Jakarta Timur,13930
Jurusan SistemInformasi
Fakultas IlmuKomputer danTeknologi Informasi
Universitas Gunadarma
RINGKASAN EKSEKUTIF
Sunia Decoration merupakan sebuah usaha pada bidang jasa yang menawarkan berbagai dekorasi untuk
acara seperti pernikahan, pertunangan khitanan, 7
bulanan, serta acara adat yang lainnya. Dengan di buatkannya website ini bertujuan untuk mempermudah dalam menawarkan produk serta memudahkan pengguna dalam mencari informasi mengenai Sunia Decoration, karena hanya dengan mengakses
internet melalui smartphone, laptop, computer dan perangkat keras lainnya.
Website ini dibuat dengan menggunakan Visual Studio Code, PHP, CSS, Code Igniter dan MySQL.Website ini hanya mengisikan produk yang disewakan oleh sunia decoration, riwayat pemesanan, dan konfirmasi pembayaran dengan menggunakan sistem transfer.
Bab 1 Pendahuluan
1.1.
LatarBelakang
Pada zaman modern seperti
sekarang ini perkembangan teknologi informasi berkembangan dengan sangat
pesat. Perkembangan teknologi informasi
pada saat ini sangat penting sekali bagi perkembangan segala bidang. Para
pembisnis dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai alat atau media untuk
tetap bertahan dan memenangkan persaingan yang semakin ketat. Perkembangan
teknologi informasi telah memberikan banyak kontribusi dalam meningkatkan
kegiatan usaha khususnya dalam hal pengolahan data serta peningkatan layanan.
Internet merupakan
suatu media yang sudah sangat tidak asing lagi di berbagai belahan dunia yang
memiliki banyak fungsi. Internet juga merupakan jaringan komputer yang secara
global dapat menghubungkan seluruh pengguna perangkat komputer, telepon pintar,
dll dengan jaringan ke seluruh dunia untuk melakukan penggalian dan pertukaran
data informasi secara cepat, tepat dan akurat. Dengan adanya media internet
pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu aktivitas bisnis merupakan hal yang
sangat penting. Begitu pentingnya hampir disetiap perusahaan yang serupa
menggunakan sistem pelayanan bisnis berbasis online.
Penyebaran
informasi pada media internet tidak terlepas dari layanan website. Media
internet mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam menyajikan informasi, dengan
media internet penyebaran informasi bisa sangat mudah diperoleh maupun
disebarluaskan. Sehingga pengguna internet dapat dengan mudah mendapatkan
berbagai informasi melalui media internet.
Pernikahan merupakan bentuk hubungan antar
dua manusia yang paling sakral. Karena hanya dilakukan sekali dalam seumur
hidup, sehingga setiap pasangan akan mempersiapkan pernikahannya dengan
maksimal untuk menghadapi pernikahan. Persiapan itu antara lain kelengkapan
terselenggarannya sebuah pernikahan hingga berlangsungnya acara resepsi
pernikahan yang berjalan dengan lancar. Dekorasi pada pesta pernikahan adalah
hal utama yang menjadi pusat perhatian para tamu undangan. Para calon pengantin
seringkali menginginkan dekorasi pada pesta pernikahannya terlihat menarik serta
dapat dijadikan kenangan baik untuk calon pengantin maupun para tamu undangan
yang hadir.
Penyediaan jasa pada dekorasi pernikahan
menyediakan layanan khusus yang membantu calon pengantin yang ingin pada saat
pesta pernikahannya terlihat menarik dan menjadi kenangan yang indah. Jasa
penyedia dekorasi pernikahan ini banyak menawarkan berbagai macam pilihan paket
dekorasi pernikahan yang dapat dipilih diantaranya dekorasi tenda, dekorasi
plaminan, tata rias dan busana.
Sunia Decorations adalah salah satu penyedia
jasa dekorasi pada pesta pernikaham yang telah berdiri sejak tahun 90-an yang
menyediakan macam-macam paket dekorasi pernikahan. Sunia Decorations terletak
di Kp.Buaran 1 Rt 01 Rw 08 No.150 Kec.Cakung Kel.Jatinegara Jakarta Timur
13930. Tujuan dari Sunia Decorations adalah memberikan pelayanan secara
maksimal kepada calon pengantin agar pesta pernikahan dapat terlihat indah dan
menarik. Untuk saat ini cara pemesanan yang dilakukan pada Sunia
Decorationsmasih menggukan cara yang manual, yaitu dengan cara pelanggan datang
ke lokasi Sunia Decorations berada atau melalui telepon untuk melakukan
pemesanan paket acara pernikahan. Pada saat ini Sunia Decorations melakukan
promosi produknya hanya melalui mulut ke mulut, Hal ini dirasa kurang efektif
karena kurangnya peminat pada jasa penyedia dekorasi pernikahan, sehingga
diperlukan media informasi untuk mempromosikan produknya agar lebih baik dan
dapat dilihat oleh banyak orang.
Berdasarkan
permasalahan tersebut, maka diperlukan website untuk memberikan segala
informasi mengenai berbagai dekorasi pernikahan yang ditawarkan oleh Sunia
Decorations dan melakukan pemesanan dengan cara online agar mempermudah para
calon pengantin untuk menentukan dekorasi pada hari pernikahan.
1.2.
Tujuan
Website ini tentang spesifikasi perangkat lunak
sistem informasi penjualan Sunia Decoration. Tujuannya adalah
untuk memberikan penjelasan mengenai website yang akan dibangun, berupa
gambaran umum maupun penjelasan detil dan menyeluruh. Pengguna dari website ini
adalah pengembang perangkat lunak sistem penyewaan dekorasi, project manager
dari tim pengembang perangkat lunak, tester yang telah ditunjuk oleh pihak
pengembangperangkat lunak, dan customer dari perangkat lunak atau personil –
personil yang terlibat dalam sistem.
Website ini
akan digunakan sebagai bahan acuan dalam proses pengembangan dan sebagai bahan
evaluasi pada saat proses pengembangan perangkat lunak maupun di akhir
pengembangannya. Dengan adanya website ini diharapkan pengembangan perangkat
lunak akan lebih terarah dan lebih terfokus bagi pengembang perangkat lunak
sistem penyewaan pada Sunia Decorations.
1.3. Lingkup Sistem
Sunia Decoration merupakan penyawaan dekorasi secara online untuk memasarkan produk penyewaan dekorasi.Website ini nantinya akan menjadi sarana promosi untuk penjualan dekorasi pada Sunia Decoration.
1.4.
Terminologi
· · DecorationàBarang atau Tindakan yang dimaksudkan untuk menambah keindahan seseorang, ruangan, dll.
·
SRS àSoftware Requirements
Specification,
mengacu pada dokumen ini menjelaskan sistem Sunia Decoration.
·
Event Modelà Penggambaran tahapan kerja per kegiatan.
·
E-commerce àpembelian atau penjualan barang serta jasa, pengiriman dana atau data, melalui jaringan elektronik, terutama internet. Transaksi bisnis ini terjadi baik
sebagai bisnis-ke-bisnis (B2B), bisnis-ke-konsumen (B2C), konsumen-ke-konsumen
atau konsumen-ke-bisnis.
·
Administratorà Pihak internal Sunia Decoration yang memiliki hak
penuh pada sistem, dapat melakukan akses langsung ke database, serta melakukan
perbaikan pada sistem jika diperlukan.
·
Modern àArti kata MODERN (sebagai kata sifat)adalah
sesuatu hal yang sifatnya terbaru, sesuatu yang mutakhir. Sementara arti modern
(sebagai kata benda) adalah suatu cara dalam berpikir atau bersikap atau
berindak yang sesuai atau selaras dengan tuntutan zaman.
1.5.
SistematikaDokumen
SRS ini secara garis besar terdiri atas empat bagian perincian sebagai berikut
1. PENDAHULUAN
Pendahuluan yang
berisikan pengantar dari SRS ini. Bagian ini meliputi tujuan dibuatnya SRS,
tujuan, lingkup sistem, terminologi yang digunakan serta diikuti garis besar
konten dari dokumen SRS.
2. DESKRIPSI UMUM SISTEM
Deskripsi umum
dokumen SRS yang berisikan perspektif produk perangkat lunak serta asumsi dan
ketergantungan yang digunakan dalam pengembangan website penyewaan dekorasi
Sunia Decoration.
3. KEBUTUHAN FUNGSIONAL
Model analisis
yang menjelaskan mengenai analisis model yang digunakan dalam membangun sistem,
terdiri dari Struktur Navigasi, dan Use Case diagram
4. KEBUTUHAN DATA
Menjelaskandengan rinci setiap data yang
dibutuhkan oleh pelanggan. Kebutuhan data dapat dipaparkan dalam format tabular.
5.KEBUTUHAN KUALITAS
Salah satu factor yang sangat
penting untuk mengukur keberhasilan projek sistem informasi adalah sistem
informasi tersebut harus berkualitas tinggi.
6. KETENTUAN DAN KONSTRAIN SISTEM
Dalam projek ini, berisiketentuan-ketentuan yang
terkait dengan perangkat lunak.
7. PENUTUP
Menuliskan kesimpulan, saran-saran yang terkait dengan dokumen ini atau harapan-harapan pihak tim developer dalam projek pembangunan sistem informasi ini.
Bab 2 Deskripsi Umum Sistem
2.1. TujuanBisnis
Tujuan bisnisnya adalah untuk menyediakan suatu platform
E-Commerce dengan nama Sunia
Decorations yang berbasis website, karena dengan
adanya website ini akan membuktikan bahwa perusahaan sudah maju dari
segi teknologi dan diharapkan akan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Memudahkan para penyelenggara acara/calon pengantin lebih mudah mencari informasi mengenai Sunia Decorations, serta menghemat waktu untuk pemesanan,penyewaan,
pembelian dekorasi yang di tawarkan oleh Sunia Decorations, karena sudah melalui internet dan secara online, tanpa harus dating langsung ke took Sunia Decorations.
2.2. OrganisasiUsulan
|
Gambar
2.2.1. Struktur Organisasi Sunia Decorations
Berdasarkan
struktur organisasi usulan pada Gambar 2.2.1, maka berikut adalah penjelasan mengenai deskripsi kerja
untuk masing-masing posisi :
1. System Manager Perusahaan Sunia
Decorations
a.
Mengevaluasi kebutuhan pelanggan serta
fungsionalitas sistem
b.
Menerima laporan perkembangan website.
c.
Menjadwalkan upgrade dan backup keamanan dari website yang
digunakan perusahaan.
d.
Melihat laporan data transaksi, dan pelanggan website.
e.
Memastikan proses pengembangan website berjalan
dengan baik.
f.
Memastikan Pesanan diantar ke lokasi
acara tepat waktu.
2.
Manajemen Admin
a. Menambah data pelanggan.
b.
Melihat informasi data pelanggan
c.
Mengubah/mengedit informasi pelanggan
d.
Menambah data produk
e.
Melihat informasi produk
f.
Mengubah/mengedit informasi produk.
g.
Mengawasi proses transaksi dan
penjualan.
h.
Menerima konfirmasi pembayaran.
i.
Memastikan apakah pesanan di Terima, di
Tolak, Sudah selesai, atau di Tunda.
j.
Mengawasi proses transaksi dan penjualan.
k. Mengontrol data
transaksi yang dilakukan pada website.
l.
Memastikan jadwal pemesanan dekorasi sesuai tanggal pemesanan.
3. Manajemen
Keamanan Sistem
a. Bertanggung
jawab atas keamanan mencakup firewall, kontrol perlindungan data, pemindaian
kerentanan, dan sebagainya.
b. Mengelola tim
yang mengawasi penyebaran, konfigurasi, dan fungsi yang tepat dari sistem.
c. Memonitor
keseluruhan operasi dan infrastruktur.
d. Merincikan
program respons insiden keamanan.
2.3. Prosedur-prosedurUsulan
Gambar 2.3.1.Proses Daftar.
Gambar 2.3.2.Proses Login.
Gambar 2.3.3.Tambah
Data.
Gambar 2.3.4. Edit Data.
Gambar 2.3.5. Hapus Data.
Bab 3 Kebutuhan Fungsional
3.1. DiagramUse-Case
Use case adalah sebuah kegiatan atau
interaksi yang saling berkaitan antara aktor dan sistem. Use case
adalah cara untuk menunjukan stakeholder sistem akan berinteraksi dengan
sistem. Contoh
gambar use case diagram dapat dilihat
pada Gambar 3.1.
Gambar 3.1 Use Case Diagram Sunia Decorations
3.2. Skenario
untuk SetiapFungsi
Nomor fungsi : P-01
Nama use-case :
MemesanProduk
Deskripsi : Fitur
untuk memesan produk
Aktor : User/pelanggan
Pre-kondisi : User/pelanggan memesan/menyewa sebuah produk/barang
Pos-kondisi : Produk/barang tersebut masuk
kedalam list pemesanan.
Skenario :
1.
User/pelanggan memilih produk/barang
yang akan disewa atau dibeli
2.
User/customer
memesan produk/barang tersebut
3.
Produk/barang yang di pesan oleh
user/pelanggan akan masuk kedalam list pemesanan user/customer.
Nomorfungsi : P-02
Nama use-case : List
Pemesanan
Deskripsi : Fitur
untuk melakukan check-out
Aktor : User/Pelanggan
Pre-kondisi :
User/Pelangganmasukkedalam list pemesanan
Pos-kondisi : Produk/barang yang telah di check-out
masuk
kedalam daftar order
Skenario :
1.
User/customer masuk kedalam List
pemesanan
2.
User/customer memilih check-out produk atau barang
3.
User/customer
diminta untuk menyelesaikan pembayaran
4.
Produk/barang yang telah di check-out
akan masuk kedalam daftar order
Nomorfungsi : P-03
Nama use-case : Daftar
Pemesanan
Deskripsi :
Menyelesaikan transkasi
Aktor : User/pelanggan dan
admin
Pre-kondisi : User/pelangganmelakukanpembayaran
Pos-kondisi : admin menerima konfirmasi
pembayaran
user/pelanggan dan pengirimanproduk/barang
Skenario :
1.
User/pelangganmasukkedalam daftar
order
2.
User/pelangganmelakukanpembayaran dan
konfirmasipembayaran
3.
Admin menerima konfirmasi pembayaran
user/pelanggan
4. Produk/barang di kirimke user/pelanggan
Bab 4 Kebutuhan Data
4.1. DataMasukan
Data |
Atribut-atribut
pada Data |
Kontak |
nama toko, lokasi, nama pemilik,
telpon pemilik, alamat pemilik, email pemilik. |
Dekorasi |
Dekorasi_id, nama_dekorasi, deskripsi, harga_dekorasi,foto |
Rias |
rias_id, nama_rias,gambar,
deskripsi, harga_rias |
Tenda |
tenda_id, nama_tenda, deskripsi, harga_tenda, foto |
User |
user_id, name, username, no_telp, password |
Pelanggaan |
Pelanggan_id, nama. No_tlp,
alamat, email, password |
Konfirmasi |
Id, pelanggan_id, pemesanan_id, no_rek, nama_bank, pemilik, foto |
Pemesanan |
id_pemesanan, user_id, tgl_acara, status |
Pemesanan_dekorasi |
Id, pemesanan_id, dekorasi_id, note_dekorasi |
Pemesanan_rias |
Id, pemesanan_id, rias_id, note_rias |
Pemesanan_tenda |
Id, pemesanan_id, tenda_id, note_tenda |
Matriks akses data dalam format sebagai berikut:
Data |
Admin |
Pelanggan |
Dekorasi |
RIUD |
RID |
Rias |
RIUD |
RID |
Tenda |
RIUD |
RID |
User |
RIUD |
RID |
Pelanggan |
RIUD |
RID |
Konfirmasi |
RIUD |
RID |
Pemesanan |
RIUD |
RID |
Pemesanan_dekorasi |
RIUD |
R |
Pemesanan_rias |
RIUD |
R |
Pemesanan_tenda |
RIUD |
R |
Keterangan: R = read, I = insert, U = update, D = delete
4.2. Laporan-laporan
Pengguna |
Nomor
laporan |
Nama
laporan |
Atribut-atribut
laporan |
Admin |
MP-1 |
Data Transaksi |
Nama, No telp, Alamat, email,
tools |
Admin |
MP-2 |
Data Pemesanan |
Data user, Data Dekorasi, Data
Tenda, Data Rias |
Pelanggan |
MP-3 |
List pemesanan |
Jadwal acara anda, Pilihproduk, Dekorasi, Tenda, Rias, Note,
BuatPesanan |
Pelanggan |
MP-4 |
List pembelian |
Konfirmasipembayaran, Jadwal acara anda, List pemesanananda. |
Bab 5 Kebutuhan Kualitas
Salah satu factor yang sangat penting untuk mengukur
keberhasilan projek sistem informasi adalah sistem informasi tersebut harus
berkualitas tinggi. Untuk keperluan pengukuran kualitas sistem setelah sistem
selesai dibangun/dikembangkan, beberapa key success factor (KSF) atau kriteria-
kiteria perlu didefinisikan. Kriteria-kriteria yang didefinisikan harus
melingkup aspek keamanan sistem, kemudahan penggunaan, kecepatan akses data/laporan (termasuk
aspek skalabilitas) dan kebenaran data/laporan.
Selain itu, perlu juga didefinisikan kriteria lainnya, seperti kemudahan instalasi, pemeliharaan sistem, inter-operability dengan sistem-sistem lain,
dan lain-lain .
Tuliskanlah criteria-kriteria sistem dalam
format sbb:
Tabel 5.1.1. Kriteria-kriteria
sistem dalam format
Nomor Kriteria |
Definisi
Kriteria |
Target
yg Dicapai |
DK-1 |
Sistem
dapat memproses dan mengolah data produk dengan cepat dari sistem sebelumnya. |
Data dapat diolah dengan keterlambatan maksimal 1 menit. |
DK-2 |
Informasi tentang
ketersediaan produk menjadi akurat dilakukan update secararealtime. |
Pada saat itu juga respon langsung
ada, tanpa harus menunggu lebih lama. |
DK-3 |
Admin tidak
memerlukan kertas dan alat tulis apabila terdapat data yang salah. |
Admin hanya perlu merubah
data saja melalui sistem yangada. |
DK-4 |
Pengendalian produk dilakukan oleh sistem. |
Barang dikendalikan langsung oleh sistem. |
DK-5 |
Laporan
penjualan tersedia pada halaman admin. |
dapat melihat laporan penjualan pada saat mengakses
halaman admin. |
DK-6 |
Penjualan dilakukan berdasarkan pesanan order. |
Sistem hanya dapat memprosespesanandalamjangkawaktu 10 harisebelumtanggaldilakukannya
acara. |
Contoh kriteria dengan target-targetnya
diberikan pada Tabel 5.1.
Tabel 5.1.2.Contoh definisi criteria dan target [5].
No |
KSF
Definition |
Target |
KSF-1 |
The cost of Hosting is affordable. |
Less than Rp. 100.000,- |
KSF-2 |
System maintenance could be handled byone
staff |
Less than 6 hour/week of staff working hour. |
KSF-3 |
Additional charge for online payment |
Zero. |
KSF-4 |
System availability & easy access. |
Anywhere, anytime (multi-bank payment). |
KSF-5 |
The users use the system. |
All user |
KSF-6 |
Number
of maximum payment transactions that could be handled in a day. |
All users make the payment transaction
anytime at the given period of time. No fail transaction. |
KSF-7 |
Bill statement accuracy. |
100% at any time. |
KSF-8 |
Transaction accuracy (exact payment). |
100% at any time. |
KSF-9 |
Balancing between bills and payments |
Guaranteed 100%. |
KSF-10 |
Payment transaction data transfer. |
Real time (time lag is less than 30 sec.). |
Bab
6 Ketentuan dan Konstrain Sistem
6.1. Perangkat
Lunak danTools
Tuliskan lingkungan
pengembangan perangkat lunak (tool, bahasa pemrograman, DBMS, framework, dll)
yang digunakan selama masa pembangunan sistem.
Beberapa contoh
lingkungan perangkat lunak:
1. SistemOperasi
Windows 10/11
2. Microsoft
3. XAMPP
4. Visual
Studio Code sebagai Text Editor
5. Web
Browser: Google Chrome
6.2. InfrastrukturSistem
Spesifikasi
perangkat keras:
1. Processor
AMD Ryzen 5 3500U with Radeon Vega Mobile Gfx
2.10 GHz
2. System
type 64 bit
3. RAM
Memory 8 GB
4. SSD
256 GB
5. Mouse
& Keyboard
Spesifikasi perangkat lunak dan DBMS:
1. Database
MySQL: MySQL (My
Structured Query Language) adalah sebuah program databaseserver yang
mampu meneriman dan mengirimkan datanya dengan sangat cepat, multi user serta
menggunakan perintah dasar SQL (Structure Query language).
2. Frame
Work: CodeIgniter
merupakan sebuah framework yang dibuat dengan menggunakan bahasa PHP, yang
dapat digunakan untuk pengembangan web secara cepat. Adapun framework sendiri
dapat diartikan sebagai suatu struktur pustaka-pustaka, kelas-kelas dan
infrastruktur run-time yang dapat digunakan oleh programmer untuk mengembangkan
aplikasi web secara cepat. Tujuan penggunaan framework adalah untuk mempermudah
pengembang web mengembangkan aplikasi web yang robust secara cepat tanpa
kehilangan fleksibilitas.
Bab 7 Penutup
7.1 Kesimpulan
Pembuatan website e-commerce penyewaan/pemesanan dekorasi pada Sunia Decoration dapat
memudahkan admin dalam melakukan penjualan serta memudahkan user dalam membeli atau memesan dekorasi untuk acara di Website Sunia Decorations secara online. Mulai dari registrasi daftar akun, melihat detail product yang akan
dibeli atau disewa, melakukan
pembelian dan pemesanan pada Website
sampai dengan produk yang akan pelanggan pesan dapat dikirim
dan dipasang setelah pembelian berhasil dilakukan.
7.2
Saran
Metode
pembayaran dalam website Sunia Decoration masih belum
banyak pilihan dan pengguna harus konfirmasi pembayaran secara manual, sehingga
user harus mengkonfirmasi pembayaran melalui website dan mengupload bukti pembayaran melalui transfer antar
bank. Keterbatasan pada jarak membua tpelanggan yang
menyewa atau membeli dekorasi hanya dapat dilakukan pada jangkauan JABODETABEK saja,
dan untuk wilayah acara yang berada diluar Jakarta dikenakan Transport tambahan untuk biaya pengiriman.
Referensi
[1] Lasmedi Afuan,Pemanfaatan Framework Codeigniter dalam Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Laporan Kerja Praktek Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unsoed, JUITA Vol. I Nomor 2, Nopember 2010.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar