Sabtu, 13 November 2021

SOFTWARE REQUIREMENT SPECIFICATION (SRS)

SISTEM INFORMASI PENYEWAAN DAN PEMBELIAN DEKORASI PADA SUNIA DECORATION BERBASIS WEBSITE

 


Dibuat oleh: Kelompok4 Jurusan SistemInformasi

 

Untuk mata kuliah:

Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

 

SRS disusun oleh:

 

Afilla Putri Sunia (10118268)

Adelia Oktaviani (10118126)

Fathan Fauzi (17118679)

Hamidah Nafa Lathifah (13118021)

Raka Dimaswara (15118862)

Reza RidhoAnshari (16118063)

 

25Oktober 2021 

 

Untuk client:

SUNIA DECORATIONS

Jl. Pengarengan Rt 01 Rw 08 No.150  Kel.JatinegaraKec.Cakung

 Jakarta Timur,13930

 

Jurusan SistemInformasi

Fakultas IlmuKomputer danTeknologi Informasi

Universitas Gunadarma



RINGKASAN EKSEKUTIF 

Sunia Decoration merupakan sebuah usaha pada bidang jasa yang menawarkan berbagai dekorasi untuk acara seperti pernikahan, pertunangan khitanan, 7 bulanan, serta acara adat yang lainnya. Dengan di buatkannya website ini bertujuan untuk mempermudah dalam menawarkan produk serta memudahkan pengguna dalam mencari informasi mengenai Sunia Decoration, karena hanya dengan mengakses internet melalui smartphone, laptop, computer dan perangkat keras lainnya.

Website ini dibuat dengan menggunakan Visual Studio Code, PHP, CSS, Code Igniter dan MySQL.Website ini hanya mengisikan produk yang disewakan oleh sunia decoration, riwayat pemesanan, dan konfirmasi pembayaran dengan menggunakan sistem transfer.       

 

 

 DAFTAR ISI

Bab 1 Pendahuluan

1.1.         LatarBelakang

          Pada zaman modern seperti sekarang ini perkembangan teknologi informasi berkembangan dengan sangat pesat.  Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangat penting sekali bagi perkembangan segala bidang. Para pembisnis dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai alat atau media untuk tetap bertahan dan memenangkan persaingan yang semakin ketat. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan banyak kontribusi dalam meningkatkan kegiatan usaha khususnya dalam hal pengolahan data serta peningkatan layanan.

Internet merupakan suatu media yang sudah sangat tidak asing lagi di berbagai belahan dunia yang memiliki banyak fungsi. Internet juga merupakan jaringan komputer yang secara global dapat menghubungkan seluruh pengguna perangkat komputer, telepon pintar, dll dengan jaringan ke seluruh dunia untuk melakukan penggalian dan pertukaran data informasi secara cepat, tepat dan akurat. Dengan adanya media internet pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu aktivitas bisnis merupakan hal yang sangat penting. Begitu pentingnya hampir disetiap perusahaan yang serupa menggunakan sistem pelayanan bisnis berbasis online.

Penyebaran informasi pada media internet tidak terlepas dari layanan website. Media internet mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam menyajikan informasi, dengan media internet penyebaran informasi bisa sangat mudah diperoleh maupun disebarluaskan. Sehingga pengguna internet dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi melalui media internet.

     Pernikahan merupakan bentuk hubungan antar dua manusia yang paling sakral. Karena hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup, sehingga setiap pasangan akan mempersiapkan pernikahannya dengan maksimal untuk menghadapi pernikahan. Persiapan itu antara lain kelengkapan terselenggarannya sebuah pernikahan hingga berlangsungnya acara resepsi pernikahan yang berjalan dengan lancar. Dekorasi pada pesta pernikahan adalah hal utama yang menjadi pusat perhatian para tamu undangan. Para calon pengantin seringkali menginginkan dekorasi pada pesta pernikahannya terlihat menarik serta dapat dijadikan kenangan baik untuk calon pengantin maupun para tamu undangan yang hadir.

    Penyediaan jasa pada dekorasi pernikahan menyediakan layanan khusus yang membantu calon pengantin yang ingin pada saat pesta pernikahannya terlihat menarik dan menjadi kenangan yang indah. Jasa penyedia dekorasi pernikahan ini banyak menawarkan berbagai macam pilihan paket dekorasi pernikahan yang dapat dipilih diantaranya dekorasi tenda, dekorasi plaminan, tata rias dan busana.

   Sunia Decorations adalah salah satu penyedia jasa dekorasi pada pesta pernikaham yang telah berdiri sejak tahun 90-an yang menyediakan macam-macam paket dekorasi pernikahan. Sunia Decorations terletak di Kp.Buaran 1 Rt 01 Rw 08 No.150 Kec.Cakung Kel.Jatinegara Jakarta Timur 13930. Tujuan dari Sunia Decorations adalah memberikan pelayanan secara maksimal kepada calon pengantin agar pesta pernikahan dapat terlihat indah dan menarik. Untuk saat ini cara pemesanan yang dilakukan pada Sunia Decorationsmasih menggukan cara yang manual, yaitu dengan cara pelanggan datang ke lokasi Sunia Decorations berada atau melalui telepon untuk melakukan pemesanan paket acara pernikahan. Pada saat ini Sunia Decorations melakukan promosi produknya hanya melalui mulut ke mulut, Hal ini dirasa kurang efektif karena kurangnya peminat pada jasa penyedia dekorasi pernikahan, sehingga diperlukan media informasi untuk mempromosikan produknya agar lebih baik dan dapat dilihat oleh banyak orang.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan website untuk memberikan segala informasi mengenai berbagai dekorasi pernikahan yang ditawarkan oleh Sunia Decorations dan melakukan pemesanan dengan cara online agar mempermudah para calon pengantin untuk menentukan dekorasi pada hari pernikahan.

 

1.2.         Tujuan

Website ini tentang spesifikasi perangkat lunak sistem informasi penjualan Sunia Decoration. Tujuannya adalah untuk memberikan penjelasan mengenai website yang akan dibangun, berupa gambaran umum maupun penjelasan detil dan menyeluruh. Pengguna dari website ini adalah pengembang perangkat lunak sistem penyewaan dekorasi, project manager dari tim pengembang perangkat lunak, tester yang telah ditunjuk oleh pihak pengembangperangkat lunak, dan customer dari perangkat lunak atau personil – personil yang terlibat dalam sistem.

Website ini akan digunakan sebagai bahan acuan dalam proses pengembangan dan sebagai bahan evaluasi pada saat proses pengembangan perangkat lunak maupun di akhir pengembangannya. Dengan adanya website ini diharapkan pengembangan perangkat lunak akan lebih terarah dan lebih terfokus bagi pengembang perangkat lunak sistem penyewaan pada Sunia Decorations.

 

 

1.3.           Lingkup Sistem

Sunia Decoration merupakan penyawaan dekorasi secara online untuk memasarkan produk penyewaan dekorasi.Website ini nantinya akan menjadi sarana promosi untuk penjualan dekorasi pada Sunia Decoration.

 

1.4.         Terminologi

 

·        ·         DecorationàBarang atau Tindakan yang dimaksudkan untuk menambah keindahan seseorang, ruangan, dll.

·         SRS àSoftware Requirements Specification, mengacu pada dokumen ini menjelaskan sistem Sunia Decoration.

·         Event Modelà Penggambaran tahapan kerja per kegiatan.

·         E-commerce àpembelian atau penjualan barang serta jasa, pengiriman dana atau data, melalui jaringan elektronik, terutama internet. Transaksi bisnis ini terjadi baik sebagai bisnis-ke-bisnis (B2B), bisnis-ke-konsumen (B2C), konsumen-ke-konsumen atau konsumen-ke-bisnis.

·         Administratorà Pihak internal Sunia Decoration yang memiliki hak penuh pada sistem, dapat melakukan akses langsung ke database, serta melakukan perbaikan pada sistem jika diperlukan.

·         Modern àArti kata MODERN (sebagai kata sifat)adalah sesuatu hal yang sifatnya terbaru, sesuatu yang mutakhir. Sementara arti modern (sebagai kata benda) adalah suatu cara dalam berpikir atau bersikap atau berindak yang sesuai atau selaras dengan tuntutan zaman.

 

1.5.         SistematikaDokumen

SRS ini secara garis besar terdiri atas empat bagian perincian sebagai berikut 

1.      PENDAHULUAN

Pendahuluan yang berisikan pengantar dari SRS ini. Bagian ini meliputi tujuan dibuatnya SRS, tujuan, lingkup sistem, terminologi yang digunakan serta diikuti garis besar konten dari dokumen SRS.

2.      DESKRIPSI UMUM SISTEM

Deskripsi umum dokumen SRS yang berisikan perspektif produk perangkat lunak serta asumsi dan ketergantungan yang digunakan dalam pengembangan website penyewaan dekorasi Sunia Decoration.

3.      KEBUTUHAN FUNGSIONAL

Model analisis yang menjelaskan mengenai analisis model yang digunakan dalam membangun sistem, terdiri dari Struktur Navigasi, dan Use Case diagram

4.      KEBUTUHAN DATA

Menjelaskandengan rinci setiap data yang dibutuhkan oleh pelanggan. Kebutuhan data dapat dipaparkan dalam format tabular.

5.KEBUTUHAN KUALITAS

Salah satu factor yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan projek sistem informasi adalah sistem informasi tersebut harus berkualitas tinggi.

6.      KETENTUAN DAN KONSTRAIN SISTEM

Dalam projek ini, berisiketentuan-ketentuan yang terkait dengan perangkat lunak.

7.    PENUTUP

Menuliskan kesimpulan, saran-saran yang terkait dengan dokumen ini atau harapan-harapan pihak tim developer dalam projek pembangunan sistem informasi ini.


Bab 2 Deskripsi Umum Sistem

2.1.  TujuanBisnis

Tujuan bisnisnya adalah untuk menyediakan suatu platform E-Commerce dengan nama Sunia Decorations yang berbasis website, karena dengan adanya website ini akan membuktikan bahwa perusahaan sudah maju dari segi teknologi dan diharapkan akan mampu bersaing dengan perusahaan lain. Memudahkan para penyelenggara acara/calon pengantin lebih mudah mencari informasi mengenai Sunia Decorations, serta menghemat waktu untuk pemesanan,penyewaan, pembelian dekorasi yang di tawarkan oleh Sunia Decorations, karena sudah melalui internet dan secara online, tanpa harus dating langsung ke took Sunia Decorations. 

 

2.2. OrganisasiUsulan




 


Gambar 2.2.1. Struktur Organisasi Sunia Decorations

 

Berdasarkan struktur organisasi usulan pada Gambar 2.2.1, maka berikut adalah penjelasan mengenai deskripsi kerja untuk masing-masing posisi :

1.      System Manager Perusahaan Sunia Decorations

a.      Mengevaluasi kebutuhan pelanggan serta fungsionalitas sistem

b.      Menerima laporan perkembangan website.

c.       Menjadwalkan upgrade dan backup keamanan dari website yang digunakan perusahaan.

d.      Melihat laporan data transaksi, dan pelanggan website.

e.       Memastikan proses pengembangan website berjalan dengan baik.

f.        Memastikan Pesanan diantar ke lokasi acara tepat  waktu.


2.      Manajemen Admin

a.      Menambah data pelanggan.

b.      Melihat informasi data pelanggan

c.       Mengubah/mengedit informasi pelanggan

d.      Menambah data produk

e.       Melihat informasi produk

f.        Mengubah/mengedit informasi produk.

g.      Mengawasi proses transaksi dan penjualan.

h.      Menerima konfirmasi pembayaran.

i.        Memastikan apakah pesanan di Terima, di Tolak, Sudah selesai, atau di Tunda.

j.        Mengawasi proses transaksi dan penjualan.

k.       Mengontrol data transaksi yang dilakukan pada website.

l.        Memastikan jadwal pemesanan dekorasi sesuai tanggal pemesanan.

 

3.      Manajemen Keamanan Sistem

a.      Bertanggung jawab atas keamanan mencakup firewall, kontrol perlindungan data, pemindaian kerentanan, dan sebagainya.

b.      Mengelola tim yang mengawasi penyebaran, konfigurasi, dan fungsi yang tepat dari sistem.

c.       Memonitor keseluruhan operasi dan infrastruktur.

d.      Merincikan program respons insiden keamanan.

 

2.3.  Prosedur-prosedurUsulan

 


Gambar 2.3.1.Proses Daftar.

 

 


Gambar 2.3.2.Proses Login.


Gambar 2.3.3.Tambah Data.

 

 


Gambar 2.3.4. Edit Data.

 


Gambar 2.3.5. Hapus Data.

 

 


 

Bab 3 Kebutuhan Fungsional

3.1.  DiagramUse-Case

Use case adalah sebuah kegiatan atau interaksi yang saling berkaitan antara aktor dan sistem. Use case adalah cara untuk menunjukan stakeholder sistem akan berinteraksi dengan sistem. Contoh gambar use case diagram dapat dilihat pada Gambar 3.1.

 


 


 

 

Gambar 3.1 Use Case Diagram Sunia Decorations

 

3.2.  Skenario untuk SetiapFungsi

 

Nomor fungsi              : P-01

Nama use-case            : MemesanProduk

Deskripsi                     : Fitur untuk memesan produk

          Aktor                           : User/pelanggan

          Pre-kondisi                  : User/pelanggan memesan/menyewa sebuah produk/barang

          Pos-kondisi                 : Produk/barang tersebut masuk kedalam list pemesanan.

            Skenario                      :

1.      User/pelanggan memilih produk/barang yang akan disewa atau dibeli

2.      User/customer memesan produk/barang tersebut

3.      Produk/barang yang di pesan oleh user/pelanggan akan masuk kedalam list pemesanan user/customer.

 

Nomorfungsi               : P-02

Nama use-case            : List Pemesanan

Deskripsi                     : Fitur untuk melakukan check-out

          Aktor                           : User/Pelanggan

            Pre-kondisi                  : User/Pelangganmasukkedalam list pemesanan

          Pos-kondisi                 : Produk/barang yang telah di check-out masuk

   kedalam daftar order

            Skenario                      :

1.      User/customer masuk kedalam List pemesanan

2.      User/customer memilih check-out produk atau barang

3.      User/customer diminta untuk menyelesaikan pembayaran

4.      Produk/barang yang telah di check-out akan masuk kedalam daftar order

 

Nomorfungsi               : P-03

Nama use-case            : Daftar Pemesanan

Deskripsi                     : Menyelesaikan transkasi

          Aktor                           : User/pelanggan dan admin

          Pre-kondisi                  : User/pelangganmelakukanpembayaran

          Pos-kondisi                 : admin menerima konfirmasi pembayaran

  user/pelanggan dan pengirimanproduk/barang

            Skenario                      :

1.      User/pelangganmasukkedalam daftar order

2.      User/pelangganmelakukanpembayaran dan konfirmasipembayaran

3.      Admin menerima konfirmasi pembayaran user/pelanggan

4.      Produk/barang di kirimke user/pelanggan 

Bab 4 Kebutuhan Data

4.1.  DataMasukan

 

Data

Atribut-atribut pada Data

Kontak

nama toko, lokasi, nama pemilik, telpon pemilik, alamat

pemilik, email pemilik.

Dekorasi

Dekorasi_id, nama_dekorasi, deskripsi, harga_dekorasi,foto

 

Rias

rias_id, nama_rias,gambar, deskripsi, harga_rias

Tenda

tenda_id, nama_tenda, deskripsi, harga_tenda, foto

User

user_id, name, username, no_telp, password

Pelanggaan

Pelanggan_id, nama. No_tlp, alamat, email, password

Konfirmasi

Id, pelanggan_id, pemesanan_id, no_rek, nama_bank, pemilik, foto

Pemesanan

id_pemesanan, user_id, tgl_acara, status

Pemesanan_dekorasi

Id, pemesanan_id, dekorasi_id, note_dekorasi

Pemesanan_rias

Id, pemesanan_id, rias_id, note_rias

Pemesanan_tenda

Id, pemesanan_id, tenda_id, note_tenda

 

 

Matriks akses data dalam format sebagai berikut:

 

Data

Admin

Pelanggan

Dekorasi

RIUD

RID

Rias

RIUD

RID

Tenda

RIUD

RID

User

RIUD

RID

Pelanggan

RIUD

RID

Konfirmasi

RIUD

RID

Pemesanan

RIUD

RID

Pemesanan_dekorasi

RIUD

R

Pemesanan_rias

RIUD

R

Pemesanan_tenda

RIUD

R

Keterangan: R = read, I = insert, U = update, D = delete

4.2.  Laporan-laporan

Pengguna

Nomor laporan

Nama laporan

Atribut-atribut laporan

Admin

MP-1

Data Transaksi

 Nama, No telp, Alamat, email, tools

Admin

MP-2

Data Pemesanan

 Data user, Data Dekorasi, Data Tenda, Data Rias

Pelanggan

MP-3

List pemesanan

Jadwal acara anda, Pilihproduk, Dekorasi, Tenda, Rias, Note, BuatPesanan

Pelanggan

MP-4

List pembelian

Konfirmasipembayaran, Jadwal acara anda, List pemesanananda.

 


Bab 5 Kebutuhan Kualitas

Salah satu factor yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan projek sistem informasi adalah sistem informasi tersebut harus berkualitas tinggi. Untuk keperluan pengukuran kualitas sistem setelah sistem selesai dibangun/dikembangkan, beberapa key success factor (KSF) atau kriteria- kiteria perlu didefinisikan. Kriteria-kriteria yang didefinisikan harus melingkup aspek keamanan sistem, kemudahan penggunaan, kecepatan akses data/laporan (termasuk aspek skalabilitas) dan kebenaran data/laporan. Selain itu, perlu juga didefinisikan kriteria lainnya, seperti kemudahan instalasi, pemeliharaan sistem, inter-operability dengan sistem-sistem lain, dan lain-lain .

 

Tuliskanlah criteria-kriteria sistem dalam format sbb:

 

Tabel 5.1.1. Kriteria-kriteria sistem dalam format

Nomor Kriteria

Definisi Kriteria

Target yg Dicapai

DK-1

Sistem dapat memproses dan mengolah data produk dengan cepat dari sistem sebelumnya.

Data dapat diolah dengan keterlambatan maksimal 1 menit.

DK-2

Informasi tentang ketersediaan produk menjadi akurat dilakukan update secararealtime.

Pada saat itu juga respon langsung ada, tanpa harus menunggu lebih lama.

DK-3

Admin tidak memerlukan kertas dan alat tulis apabila terdapat data yang salah.

Admin hanya perlu merubah data saja melalui sistem yangada.

DK-4

Pengendalian produk dilakukan oleh sistem.

Barang dikendalikan langsung oleh sistem.

DK-5

Laporan penjualan tersedia pada halaman admin.

dapat melihat laporan penjualan pada saat mengakses halaman admin.

DK-6

Penjualan dilakukan berdasarkan pesanan order.

Sistem hanya dapat memprosespesanandalamjangkawaktu 10 harisebelumtanggaldilakukannya acara.

 

Contoh kriteria dengan target-targetnya diberikan pada Tabel 5.1.

 

Tabel 5.1.2.Contoh definisi criteria dan target [5].

No

KSF Definition

Target

KSF-1

The cost of Hosting is affordable.

Less than Rp. 100.000,-

KSF-2

System maintenance could be handled byone staff

Less than 6 hour/week of staff

working hour.

KSF-3

Additional charge for online payment

Zero.

KSF-4

System availability & easy access.

Anywhere, anytime (multi-bank

payment).

KSF-5

The users use the system.

All user

KSF-6

Number of maximum payment transactions that could be handled in a day.

All users make the payment

transaction anytime at the given period of time. No fail transaction.

KSF-7

Bill statement accuracy.

100% at any time.

KSF-8

Transaction accuracy (exact payment).

100% at any time.

KSF-9

Balancing between bills and payments

Guaranteed 100%.

KSF-10

Payment transaction data transfer.

Real time (time lag is less than 30

sec.).


Bab 6 Ketentuan dan Konstrain Sistem

 

6.1.  Perangkat Lunak danTools

Tuliskan lingkungan pengembangan perangkat lunak (tool, bahasa pemrograman, DBMS, framework, dll) yang digunakan selama masa pembangunan sistem.

Beberapa contoh lingkungan perangkat lunak:

1.    SistemOperasi Windows 10/11

2.    Microsoft

3.    XAMPP

4.    Visual Studio Code sebagai Text Editor

5.    Web Browser: Google Chrome

 

6.2.  InfrastrukturSistem

 

Spesifikasi perangkat keras:

1.    Processor AMD Ryzen 5 3500U with Radeon Vega Mobile Gfx  2.10 GHz

2.    System type 64 bit

3.    RAM Memory 8 GB

4.    SSD 256 GB

5.    Mouse & Keyboard

 

Spesifikasi perangkat lunak dan DBMS:

 

1.      Database MySQL: MySQL (My Structured Query Language) adalah sebuah program databaseserver yang mampu meneriman dan mengirimkan datanya dengan sangat cepat, multi user serta menggunakan perintah dasar SQL (Structure Query language).

2.     Frame Work: CodeIgniter merupakan sebuah framework yang dibuat dengan menggunakan bahasa PHP, yang dapat digunakan untuk pengembangan web secara cepat. Adapun framework sendiri dapat diartikan sebagai suatu struktur pustaka-pustaka, kelas-kelas dan infrastruktur run-time yang dapat digunakan oleh programmer untuk mengembangkan aplikasi web secara cepat. Tujuan penggunaan framework adalah untuk mempermudah pengembang web mengembangkan aplikasi web yang robust secara cepat tanpa kehilangan fleksibilitas.

 


Bab 7 Penutup

 

7.1    Kesimpulan

Pembuatan website e-commerce penyewaan/pemesanan dekorasi pada Sunia Decoration dapat memudahkan admin dalam melakukan penjualan serta memudahkan user dalam membeli atau memesan dekorasi untuk acara di Website Sunia Decorations secara online. Mulai dari registrasi daftar akun, melihat detail product yang akan dibeli atau disewa, melakukan pembelian dan pemesanan pada Website sampai dengan produk yang akan pelanggan pesan dapat dikirim dan dipasang setelah pembelian berhasil dilakukan.

 

7.2      Saran

Metode pembayaran dalam website Sunia Decoration masih belum banyak pilihan dan pengguna harus konfirmasi pembayaran secara manual, sehingga user harus mengkonfirmasi pembayaran melalui website dan mengupload bukti pembayaran melalui transfer antar bank. Keterbatasan pada jarak membua tpelanggan yang menyewa atau membeli dekorasi hanya dapat dilakukan pada jangkauan JABODETABEK saja, dan untuk wilayah acara yang berada diluar Jakarta dikenakan Transport  tambahan untuk biaya pengiriman. 


Referensi

[1]  Lasmedi Afuan,Pemanfaatan Framework Codeigniter dalam Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Laporan Kerja Praktek Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unsoed, JUITA Vol. I Nomor 2, Nopember 2010.

 

[2] Giri Dhamma Wijaya, Felix Marsiano, Sentosa Limanto, STUDI KASUS PENJADWALAN PROYEK PADA PROYEK RUMAH TOKO X MENGGUNAKAN MICROSOFT PROJECT 2010
 
[3] Veronica S. Moertini, Tamplate  dan PetunjukPembuatan  Software Requirement Specification (S

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISA WEBSITE DENGAN GOOGLE ANALYTICS

Kelas : 4KA27 Kelompok 4   §   Afilla Putri Sunia (10118268) §   Adelia Oktaviani (10118126) §   Fathan Fauzi (17118679) § ...